PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN PERCAYA DIRI DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK TK AISYIYAH KELOMPOK B KOTA MOJOKERTO

  • DWI BHAKTI INDRI MULYADI

Abstract

ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, pengembang menyimpulkan adanya gejala kurang percaya diri anak di mana dominasi permasalahan pada percaya diri dalam interaksi sosial mencapai 35%. Intervensi yang diberikan oleh guru TK hanya melingkupi pemberian motivasi dan penghargaan positif pada anak. Namun, intervensi itu kurang optimal. Selain itu, tidak ditemukannya adanya media yang secara khusus dikembangkan dalam pengembangan diri, yakni percaya diri dalam meningkatkan interaksi sosial. Maka, dibutuhkannya media yang dapat digunakan oleh guru TK yang berlatar belakang S1 BK. Media tersebut adalah paket bimbingan percaya diri dalam meningkatkan interaksi sosial di mana substansinya disesuaikan dengan perkembangan anak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberterimaan paket bimbingan percaya diri dalam meningkatkan interaksi sosial anak TK Aisyiyah kota Mojokerto berdasarkan aspek kegunaan, kemudahan, ketepatan dan kepatutan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg&Gall (1983) yang telah diadaptasi.

Hasil uji coba produk pada aspek kegunaan paket bimbingan mencapai 78,89%, aspek kemudahan paket bimbingan mencapai 78,15%, aspek ketepatan mencapai 82,05% dan aspek kepatutan mencapai 93,75%. Sedangkan hasil uji kelompok kecil mencapai 75%-100% di mana menyatakan bahwa observee (anak TK Aisyiyah kelompok B) dapat melaksanakan kegiatan paket bimbingan dengan baik. Sehingga, paket bimbingan percaya diri dalam interaksi sosial dapat diterima secara teoritis dan praktis. Dengan kata lain, produk tersebut layak digunakan.

 

Keyword : paket bimbingan, percaya diri dalam meningkatkan interaksi sosial

 

Published
2013-08-15
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 40