EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMAN 1 MENGANTI, SMAN 1 DRIYOREJO, DAN SMA AL AZHAR MENGANTI KABUPATEN GRESIK

  • JUANITA RATNA EKA P

Abstract

Banyak siswa membolos atau kurang dapat berprestasi sesuai dengan kemampuan yang sebenarnya, keterlambatan, absensi, merokok, perkelahian teman serta masih banyak lagi permasalahan yang dialami oleh siswa yang mengakibatkan terhambatnya perkembangan mereka, baik dalam akademis, pribadi maupun hubungan sosialdiakibatkan oleh permasalahan motivasi belajar siswa yang kurang. Permasalahan yang demikian dihadapi oleh konselor  dari tahun ke tahun hampir tidak ada perubahan. Bimbingan dan konseling merupakan sebuah usaha untuk membantu siswa mengatasi permasalahannya baik akademik maupun non akademik. Bimbingan dan konseling adalah  komponen yang bertugas membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi komponen sekolah yang lain.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling di tiga sekolah menengah atas.. Hasil analisis yang didapatkan dilihat dari aspek- aspek personel pelaksanaan pelayanan bimbingan, sarana dan prasarana yakni terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara evaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Al Azhar, SMAN I Driyorejo, SMAN I Menganti. Rekomendasi agar pelaksanaan program BK lebih maksimal diperlukan beberapa kelengkapan seperti sarana dan prasarana, serta jumlah guru BK dan jam BK yang memadai untuk tercapainya visi dan misi sekolah dan pendidikan nasional bagi bangsa.

 

 

Kata kunci : Evaluasi, Program Bimbingan dan Konseling.

 

Published
2013-08-15
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 31