PENERAPAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA  DI SEKOLAH SMAN 1 KEDUNGADEM BOJONEGORO

  • HANIF AFTIANI

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilaksanakan kepada guru BK di SMA Negeri 1 Kedungadem, di ketahui bahwa para murid di sekolah kurang memiliki perilaku yang mencerminkan ketaatan terhadap tata tertib yang berlaku di sekolah. Subjek pada penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 kedungadem yang teridentifikasi memiliki tingkat kedisiplinan yang rendah. Data tersebut diperoleh dari dokumentasi pada kartu pelanggaran siswa yang direkomendasikan oleh guru BK di sekolah. Tingkat kedisiplinan siswa dilihat dari banyaknya skor pelanggaran tata tertib sekolah pada kartu pelanggaran siswa. Semakin tinggi skor pelanggaran tata tertib sekolah, maka semakin rendah tingkat kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah. Sebaliknya, semakin rendah skor pelanggaran terhadap tata tertib sekolah, maka semakin tinggi tingkat kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan observasi.  

                Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan  konseling kelompok behavior dalam membantu meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kedungadem.

                Peneltian ini merupakan penelitian Pre-Experimental designs dengan model one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kedungadem yang mempunyai tingkat kedisiplinan sedang sampai rendah dalam mematuhi tata tertib sekolah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis non parametrik dengan menggunakan uji tanda dengan taraf signifikasi 5%. Hasil analisis data diperoleh jumlah tanda positif = 0 dan jumlah tanda negatif= 8. Dari tabel binominal untuk N= 8 dan X= 0 diperoleh r= 0,004. Harga r (0,004) lebih kecil dari (0,05). Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan konseling kelompok behavior untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kedungadem.

 

 

Kata kunci           : konseling kelompok behavior, kedisiplinan siswa, tata tertib sekolah

Published
2013-08-16
Section
Articles
Abstract Views: 162
PDF Downloads: 506