URGENSI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KEPADA ORANG TUA UNTUK MEMOTIVASI ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN SELAMA MASA PANDEMI

  • Nurul Shabrina Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiawati Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi layanan bimbingan dan konseling yang mungkin diadakan oleh konselor sekolah untuk memotivasi siswa di masa pandemi melalui perantara orang tua. Metode penelitian yang diterapkan ialah studi kepustakaan, yakni penelitian yang mendasarkan perolehan datanya pada artikel penelitian atau sumber referensi lain yang relevan. Teknik dokumentasi dipilih sebagai upaya pengumpulan data penelitian. Analisis isi merupakan teknik yang dipilih untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Orang tua memiliki peranan penting selama masa pandemi, 2) Konselor sekolah memiliki peranan yang besar selama masa pandemi, 3) Motivasi belajar merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran selama masa pandemi, 4) Layanan bimbingan dan konseling yang mungkin diadakan oleh konselor sekolah untuk memotivasi anak selama masa pandemi melalui perantara orang tua adalah dengan memberi layanan bimbingan dan konseling yang tepat, yakni melalui upaya pemanfaatan teknologi informasi atau dengan mengadakan kunjungan rumah.

 

Kata Kunci: Layanan bimbingan konseling, motivasi belajar, masa pandemi

Published
2022-01-11
Section
Articles
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 241