PENERAPAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP SCHOOL REFUSAL PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 8 SURABAYA

  • Nonie Az-zahrah Putri Andani Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Nursalim

Abstract

Abstrak

School refusal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kecemasan berpisah dengan orang terdekat, kurangnya keterampilan berkomunnikasi dan berinteraksi, memiliki pengalaman yang kurang baik terhadap lingkungan sekolah, tuntutan tugas yang begitu banyak dan disertai dengan penjelasan guru yang susah dimengerti, dan lain sebagainya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan konseling individu teknik self management terhadap school refusal pada peserta didik kelas X SMAN 8 Surabaya. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data awal ialah dengan cara wawancara dengan guru BK, data presensi kehadiran peserta didik dan juga menyebar angket pre-test kepada peserta didik kelas X. Sedangkan teknik untuk analisis dan pengelolahan data menggunakan Pretest Posttest One-Group Design. Hasil dari pemberian layanan konseling individu teknik self management ini terbukti dapat menurunkan tingkat school refusal pada peserta didik. Hal ini diperkuat dengan adanya hasil analisis data menggunakan spss yang menunjukkan angka 0,007 yaitu lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling individu. Dengan adanya penelitian ini diharapkan peserta didik yang mengalami school refusal dapat menguranginya dengan menerapkan self-management agar dapat membawa perubahan yang baik bagi dirinya. Dan juga guru bk tetap memberikan bantuan kepada peserta didik yang mengalami hambatan dan mengalami school refusal dengan penyebab apapun. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya dengan menggunakan variabel lain yang lebih signifikan serta dapat menggunakan teknik konseling yang berbeda dan lebih efektif.

Kata Kunci: Konseling Individu, Self Management, School Refusal

Published
2022-01-13
Section
Articles
Abstract Views: 299
PDF Downloads: 331