HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN REGULASI EMOSI INDIVIDU TERHADAP KEMAMPUAN RESILIENSI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Sebanyak 99% anak-anak dan remaja di seluruh dunia dengan rentang umur dibawah 18 tahun mengalami gangguan kesehatan mental akibat pembatasan Covid-19. Hal ini menuntut remaja masa kini untuk memiliki ketangguhan atau kemampuan bertahan hidup. Kemampuan bertahan hidup atau resiliensi penting dimiliki remaja untuk menghadapi peristiwa negatif di dalam tekanan kehidupan sehari-hari, tidak hanya kemampuan resiliensi namun kemampuan efikasi diri dan regulasi emosi juga dibutuhkan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai hubungan antara efikasi diri dan regulasi emosi individu terhadap kemampuan resiliensi khususnya di SMP Negeri 10 Surabaya. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, sedangkan teknik pengumpulan data, peneliti mengembangkan alat ukur angket berupa jawaban berskala (Rating Scale) yaitu skala likert dengan variabel terikat yaitu kemampuan resiliensi (Y), variabel bebas yaitu efikasi diri (X1) dan regulasi emosi (X2). Populasi yang digunakan berjumlah sekitar 1.197 dengan pengambilan sampel dengan teknik Cluster random sampling rumus Slovin taraf signifikasi 5% dan teknik analisis data yaitu uji normalitas dan uji linearitas serta untuk menguji korelasi antar variabel peneliti menggunakan uji hipotesis alternatif Rank Spearman. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri terhadap kemampuan resiliensi dengan signifikasi 0,000 dan koefisien korelasi 0,816 positif. Selanjutnya ada hubungan yang signifikan antara regulasi emosi terhadap kemampuan resiliensi peserta dengan signifikasi 0,000 dan koefisien korelasi 0,817 positif. Dan terakhir ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan regulasi emosi individu terhadap kemampuan resiliensi dengan signifikasi 0,000 dan koefisien korelasi 0,843 positif.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Regulasi Emosi dan Kemampuan Resiliensi
PDF Downloads: 412