STUDI KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Maulana Malik Ilyas Universitas Negeri Surabaya
  • Hadi Warsito Wiryosutomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kemandirian belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring di era pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan instrumen kemandirian belajar mahasiswa untuk proses pengumpulan datanya. Populasi dalam penelitian ini adalah 3751 mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dengan total sampel minimal 362 mahasiswa yang diperoleh dari perhitungan slovin dengan teknik Cluster Random Sampling. Selanjutnya seluruh data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dengan bantuan microsoft excel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa kemandirian belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dalam pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 berada dalam kategori sedang, di mana berarti kemandirian belajar mahasiswa dalam perkuliahan daring sudah baik, namun masih perlu adanya adaptasi yang lebih baik dari mahasiswa dikarenakan pada indikator bertanggung jawab, mahasiswa berada pada kategori rendah, di mana mahasiswa belum mampu untuk bertanggung jawab pada dirinya sendiri terhadap kegiatan dan perencanaan pembelajaran yang mereka miliki.
Kata Kunci: Kemandirian belajar, Pembelajaran daring, Pandemi Covid-19.

Published
2022-03-07
Section
Articles
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 551