PENGARUH RESILIENSI DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP ACADEMIC SELF-EFFICACY MAHASISWA

  • SHAFARUDDIN ASHARI Universitas Negeri Surabaya
  • Hadi Warsito Wiryosutomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Resiliensi Dan Internal
Locus Of Control Terhadap Academic Self-Efficacy Mahasiswa. Untuk mencapai tujuan
tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah korelasional,
dan populasi yang menjadi objek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2018-2019 Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Berdasarkan perhitungan yang menggunakan
rumus Slovin, maka ukuran besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
sebanyak 374,2 yang dibulatkan menjadi 375 mahasiswa. Dalam penelitian ini karena dalam
populasi terdiri dari delapan program studi maka teknik pengumpulan sampel yang
digunakan adalah Cluster Sampling sehingga dari total sample tersebut dihitung dengan
menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sample berdasakan jumlah
mahasiswa aktif delapan program studi yang ada di fakultas ilmu pendidikan. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket, yang
akan disebarkan melalui google form. Analisis data untuk uji asumsi prasyarat yaitu
menggunakan uji normalitas, homogenitas dan linearitas, sedangkan analisis data untuk uji
hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier ganda menggunakan
SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan : (1) Resiliensi memiliki pengaruh signifikan
terhadap Academic Self-Efficacy. (2) Internal Locus Of Control memiliki pengaruh
signifikan terhadap Academic Self-Efficacy. (3) variabel Resiliensi dan Internal Locus Of
Control secara simultan memberikan kontribusi terhadap perubahan Academic Self-Efficacy.
Resiliensi dan internal locus of control sama-sama memiliki peran dalam membentuk
Academic Self-Efficacy

Published
2022-03-16
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 153