EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI KARIR SISWA

  • Nely Mazidah Isna Bimbingan Dan Konseling UNESA
  • Evi Winingsih

Abstract

Siswa kelas IX SMP Negeri 27 Surabaya memiliki permasalahan dalam bidang karir mengenai rencana siswa setelah lulus sekolah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terdapat masalah mengenai efikasi diri karir siswa. Bimbingan dan Konseling di sekolah tersebut tidak berjalan dengan semestinya, siswa tidak pernah mendapatkan layanan bimbingan dan konseling dalam membantu mengatasi masalah karir. Oleh karena itu perlu diupayakan untuk mengatasi permasalahan siswa terhadap efikasi diri karir melalui bimbingan kelompok teknik cinema therapy. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik cinema therapy untuk meningkatkan efikasi diri karir siswa kelas IX SMP Negeri 27 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis rancangan penelitian eksperimen adalah Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design, karena peneliti menggunakan satu kelompok yang akan dibagi menjadi dua yaitu setengah kelompok untuk kelompok kontrol dan setengah kelompok untuk kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan berdasarkan 3 dimensi efikasi diri, sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon (signed ranks test) untuk uji jenjang bertanda. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf kesalahan 5% (0,05). Pada kelompok eksperimen nilai Asymp. Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,018 < 0,05 berarti hipotesis diterima, bahwa bimbingan kelompok teknik cinema therapy efektif untuk meningkatkan efikasi diri karir siswa.

Kata Kunci: cinema therapy, efikasi diri karir, peningkatan

Published
2022-04-07
Section
Articles
Abstract Views: 260
PDF Downloads: 756