STUDI KEPUSTAKAAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI ADIKSI GAME ONLINE

  • Mudrikah Nur Aini Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryo Nuryono

Abstract

Abstrak

Game online adalah permainan modern berbasis digital  yang sangat disukai oleh anak kecil serta remaja. Bermain game online dengan jangka waktu yang relatif lama dapat mengakibatkan kecanduan. Hampir sebagian besar anak-anak serta remaja mengalami kecanduan game. Tujuan utama dari penelitian ini untuk mendeskripsikan efektifitas dari penerapan konseling Cognitive Behavioral Therapy untuk mengatasi kecanduan game online pada anak-anak sekaligus remaja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menerapkan  metode studi kepustakaan. Sumber data pada penelitian ini didapatkan dari buku, artikel nasional maupun artikel internasional, dan penelitian sebelumnya yang sesuai dengan fokus penelitian yang sedang dikaji.  Data yang sudah diperoleh akan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif.  Fokus pada penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana ruang lingkup serta sasaran konseling cognitive behavior therapy dalam upaya menangani adiksi game online; 2) Bagaimana prosedur penanganan konseling cognitive behavior therapy dalam menangani adiksi game online; 3) Bagaimana efektifitas penerapan konseling cognitive behavior therapy dalam upaya menangani adiksi game online. Pada penelitian ini menunjukkan hasil bahwa konseling cognitive behavior therapy merupakan terapi konseling yang paling umum dan sering digunakan untuk menangani masalah adiksi game online pada remaja di jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas/kejuruan, dan perguruan tinggi. Di dalam penerapannya konseling cognitive behavior therapy juga bisa dikombinasikan dengan berbagai tehnik yang lain selama hal tersebut dapat memudahkan konselor dalam menangani masalah adiksi game online pada konseli.

Kata Kunci : Studi Kepustakaan, Kecanduan Game Online, Cognitive Behavior Therapy (CBT)

 

Abstract

 

Online games are modern digital-based games that are very liked by young children and teenagers. Playing online games for a relatively long period of time can lead to addiction. Most children and teenagers are addicted to games. The main purpose of this study is to describe the effectiveness of the application of Cognitive Behavioral Therapy counseling to overcome online game addiction in children and adolescents. This research is a type of qualitative research that applies the literature study method. Sources of data in this study were obtained from books, national and international articles, and previous research that was in accordance with the focus of the research being studied. The data that has been obtained will be analyzed using descriptive analysis methods. The focus of this research includes: 1) What is the scope and target of cognitive behavior therapy counseling in an effort to deal with online game addiction; 2) What is the procedure for handling cognitive behavior therapy counseling in dealing with online game addiction; 3) How effective is the application of cognitive behavior therapy counseling in an effort to deal with online game addiction. In this study, the results showed that cognitive behavior therapy counseling is the most common counseling therapy and is often used to treat online game addiction problems in adolescents at the elementary school, junior high school, high/vocational high school, and college level. In its application, cognitive behavior therapy counseling can also be combined with various other techniques as long as it can make it easier for counselors to deal with online game addiction problems for counselees. Keywords : Literature Study, Online Game Addiction, Cognitive Behavior Therapy (CBT)

Published
2022-04-16
Section
Articles
Abstract Views: 480
PDF Downloads: 778