KEEFEKTIFAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENGURANGI STRES AKADEMIK YANG DIALAMI PESERTA DIDIK

  • Robiah Adawiyah Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Indah Pratiwi

Abstract

Stres dialami dalam berbagai fase kehidupan manusia, salah satunya dialami oleh individu yang dalam fase remaja. Hal ini dikarenakan pada usia remaja yang masih dalam fase transisi, kemampuan berpikir, menstabilkan emosi hingga penyelesaian konflik belum sepenuhnya dapat mereka atasi. Khususnya pada permasalahan akademik yang membebani peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengurangi stres yang dialami peserta didik dengan bantuan teknik cognitive restructuring. Metode penelitian menggunakan studi kepustakaan yang menghimpun segala sumber data baik jurnal ataupun buku untuk mendapatkan informasi terkait keefektifan teknik tersebut dalam menangani stres akademik. Data yang terhimpun akan dilakukan penganalisisan isi. Fokus penelitian yang ada dalam penelitian ini ialah : 1. Bagaimana ruang lingkup dalam mengimplentasikan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi stres akademik yang dialami peserta didik? 2. Bagaimana perlakuan yang diberikan pada penerapan teknik cognitivre restructring dalam mengurangi stres akademik peserta didik ? 3. Bagaimana keefektifan teknik cognitivre restructring dalam mengurangi stres akademik peserta didik ?. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ruang lingkup implementasi teknik cognitive restructuring dalam mengurangi stres adalah mengurangi gejala yang muncul yakni di aspek kognitif hingga perilaku. Prosedur yang diberikan harus meliputi berbagai tahap, mulai dari identifikasi hingga aplikasi pemikiran positif. Teknik cognitve restructuring efektif dalam mengurangi stres akademik yang dialami peserta didik. Dalam upaya mengurangi stres akademik, teknik cognitive restructuring direkomendasikan untuk dapat membantu konseli mengubah pemikiran menjadi lebih adaptif.

Kata Kunci: Teknik Cognitive Restructuring, Stres Akademik, Peserta Didik

Published
2022-04-16
Section
Articles
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 480