PENERAPAN TEKNIK MODELING SEBAGAI SUATU PENDEKATAN UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK

  • Dewi mega agustien Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Indah Pratiwi

Abstract

Percaya diri sering kali menjadi masalah bagi peserta didik di sekolah, ketika proses pembelajaran dibutuhkan kemampuan percaya diri seperti mengemukakan pendapat, tampil didepan kelas, menjawab soal ujian, dan mengambil keputusan. Peserta didik yang tidak mampu melakukan hal tersebut akan terhambat proses pembelajarannya saat disekolah. Akibat dari rendahnya percaya diri peserta didik tentu tidak boleh dibiarkan, perlu tindakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan meningkatkan percaya diri peserta didik. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan rendahnya percaya diri peserta didik yaitu menggunakan pendekatan behavioral teknik modeling. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu  mengkaji penerapan teknik modeling sebagai suatu pendekatan untuk meningkatkan percaya diri peserta didik dengan fokus penelitian diantara yaitu: 1) Mengetahui keberhasilan atau efektifitas penerapan teknik modeling, 2) Prosedur penerapan teknik modeling, 3) Jenis teknik yang digunakan pada penerapan teknik Modeling, 4) Sasaran atau target pelaksanaan pendekatan behavior dengan teknik modeling untuk meningkatkan percaya diri peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan dengan mengkaji literatur-literatur ilmiah seperti jurnal nasional dan jurnal internasional. Sedangkan metode analisis data menggunakan teknik analisis isi untuk mengidentifikasi dan menarik sebuah kesimpulan terkait bahasan penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan dari pengkajian berbagai studi yaitu, teknik modeling efektif dan berhasil digunakan untuk meningkatkan percaya diri peserta didik yang rendah juga dapat berpengaruh pada perubahan tingkah laku peserta didik yang lebih baik. Serta, teknik modeling tidak hanya berhasil diberikan kepada peserta didik SMP dan SMA/SMK namun juga berhasil diberikan kepada siswa tungrahita yang berasal dari SLB. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa teknik modeling dapat direkomendasikan bagi guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi permasalahan peserta didik dengan kepercayaan diri yang rendah.

Kata Kunci: Teknik modeling, percaya diri, peserta didik

Published
2022-04-16
Section
Articles
Abstract Views: 840
PDF Downloads: 531