EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK KONTRAK PERILAKU UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA SAAT PEMBELAJARAN ONLINE

  • Desy Nur Rahmawati Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Hadi Warsito Wiryosutomo

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan pada sistem pendidikan dengan diberlakukannya pembelajaran online. Sistem pembelajaran online merupakan kegiatan transfer ilmu pengetahuan yang dilakukan melalui platform pembelajaran online yang mana seringkali menimbulkan hambatan dalam
pelaksanaannya. Hambatan tersebut mrnyebabkan munculnya rasa malas dan kebosanan terhadap pembelajaran online sehingga perilaku membolos di kalangan pelajar saat Pandemi Covid-19 semakin meningkat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas layanan konseling individu teknik kontrak perilaku untuk mengurangi perilaku membolos siswa saat pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mana peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, yakni pencarian data terkait variabel yang dikaji melalui artikel ilmiah, jurnal, skripsi, dan kajian literatur lainnya. Sedangkan analisis data yang peneliti gunakan ialah melalui teknik analisis konten dan analisis critical appraisal. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa layanan konseling individu dengan teknik kontrak perilaku efektif digunakan untuk mengurangi perilaku membolos siswa saat pembelajaran online dengan menambahkan reward, punishment, maupun reinforcement untuk memodifikasi perilaku maladaptif siswa menjadi perilaku adaptif yang diharapkan.
Kata Kunci : Konseling Individu, Teknik Kontrak Perilaku, Perilaku Membolos, Pembelajaran Online

Published
2022-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 290
PDF Downloads: 442