STUDI KEPUSTAKAAN PERAN POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SAAT PANDEMI

  • Puji Rahayu Ningsih Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Hadi Warsito Wiryosutomo

Abstract

Semenjak adanya pandemi pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan dalam pendidikan, yakni pembelajaran tatap muka dilakukan secara terbatas. Kebijakan tersebut berlaku untuk jenjang PAUD sampai Perguruan Tinggi. Dengan adanya kebijakan tersebut dan dari hasil pengamatan peneliti saat melaksanakan PLP di sekolah ditemui terjadinya penurunan motivasi belajar pada siswa seperti tidak memperhatikan saat kegiatan kegiatan belajar baik saat luring maupun daring, tidak mengerjakan tugas yang sudah diberikan guru, bosan dan tidak semangat dengan kegiatan belajar baik saat daring maupun luring. Sedangkan motivasi merupakan faktor penting yang berperan dalam keberhasilan belajar. Siswa di sekolah hanya 4 sampai 5 jam sisanya 18 sampai 19 jam berada di rumah saat pandemi. Oleh karena itu, orang tua dituntut memberikan pola asuh yang dapat mendorong siswa mempunyai motivasi belajar yang baik.
Adapun pola asuh yang ideal digunakan adalah jenis demokratis yang memberi batasan pada anak tetapi juga membuat siswa bertanggung jawab dalam aktivitas belajarnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran orang tua demokrtais dalam memberikan motivasi belajar pada siswa saat pandemi. Adapun jenis metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian yaitu terdapat beberapa upaya orang tua pola asuh demokratis dalam memberi motivasi belajar siswa saat pandemi seperti memberikan kebebasan dalam bermain dan mengeksplorasi kemampuan, memberikan pendampingan dalam belajar,dan menjalin komunikasi secara intensif.
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Studi Kepustakaan, Motivasi Belajar

Published
2022-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 237