HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 WARU SIDOARJO SELAMA BELAJAR DARI RUMAH (BDR)

  • Refiana Ainnayyah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Nursalim

Abstract

Pembelajaran tatap muka yang dialihkan menjadi belajar dari rumah akibat pandemic Covid-19 menyebabkan munculnya berbagai masalah selama proses pembelajaran. Perubahan situasi belajar ini mengharuskan peserta didik memiliki ketangguhan akademik atau resiliensi akademik untuk bertahan hidup dan melewati tekanan atau masalah akademik yang muncul. Memerlukan kecerdasan emosional dan dukungan sosial untuk meningkatkan resiliensi akademik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo selama belajar dari rumah. Populasi penelitian berjumlah 831 peserta dari seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Total sampel pada penelitian adalah 195 peserta didik yang didapat dari perhitungan rumus Slovin taraf signifikansi 5%. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel acak. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis data pearson product moment correlation dan multiple product moment correlation. Hasil yang didapatkan dari analisis data product moment correlation pada hipotesis pertama yaitu tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi akademik dengan nilai signifikansi 0,895 > 0,05 dan nilai koenfisien korelasi 0,009 positif. Pada hipotesis kedua yaitu ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi 0,168 positif. Pada hipotesis ketiga dengan multiple product moment correlation mendapatkan hasil yaitu tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik dengan nilai signifikansi 0,062 > 0,05 dan nilai koefisien korelasi 0,169 positif.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Dukungan Sosial, Resiliensi Akademik, Belajar dari Rumah

Published
2022-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 264
PDF Downloads: 489