PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK CINEMATHERAPHY UNTUK MENINGKATKAN RASA EMPATI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PURWOSARI

  • Diaz Yova Mahesa Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiawati

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa empati siswa terhadap orang lain yang disebabkan oleh terhalangnya pembelajaran tatap muka akibat pandemi dan sikap individualisme yang tinggi dalam diri siswa kelas IX SMP Negeri 2 Purwosari. Penelitian ini bertujuan memberikan layanan bimbingan kelompok teknik cinematheraphy yang bertujuan untuk meningkatkan rasa empati siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Purwosari yang mempunyai empati rendah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah One-gruoup Pre-test Post-test design. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner empati sebanyak 29 item deklaratif dengan skala linkert. Menggunakan metode purposive sampling dengan subjek berjumlah siswa 9 orang. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametrik yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Analisis menunjukkan bahwa pada n = 9 dan x = 0(z), maka = 0,008. Jika (tingkat kesalahan) 5% ditentukan sebesar 0,05, maka 0,008 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata perhitungan pre-test dan post-test masing-masing adalah 64,4 dan 92,7, meningkat sebesar 28,3. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis penelitian “Penerapan layanan bimbingan kelompok teknik cinematheraphy untuk meningkatkan rasa empati pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Purwosari” diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok teknik cinemtheraphy dapat meningkatkan rasa empati pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Purwosari.
Kata Kunci: Cinematheraphy, Empati

Published
2022-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 128