MEDIA ROLLING BOX BERBASIS EDUCATIONAL GAMES SEBAGAI LAYANAN INFORMASI ZAT ADIKTIF

  • Herliana Ananta Putri Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko

Abstract

Narkoba merupakan hal yang perlu dicegah sejak dini. Di lingkup sekolah guru bimbingan dan konseling menjadi salah satu penyedia layanan bersifat preventif maupun kuratif pada masalah pribadi sosial, salah satunya NAPZA. Kurangnya pengetahuan zat adiktif siswa di SMP Negeri 6 Bojonegoro sebesar 83%. Maka dari itu diperlukannya layanan pemahaman bahaya zat adiktif dengan pengembangan media bersifat preventif berbasis model educational games (rolling box). Penelitian ini menggunakan metode Research & Development yang dikembangkan oleh Borg & Gall, prosedur meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan penelitian ; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba lapangan; (5) penyempurnaan produk awal; (6) uji coba lapangan ; (7) menyempurnakan produk hasil uji lapangan; (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; (10) diseminasi dan implementasi. Penelitian ini bermaksud untuk (1) membantu pemahaman siswa terhadap pentingnya penggunaan zat adiktif; (2) mengembangkan media bimbingan dan konseling rolling box. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata 99% terhadap media, dan rata-rata 95% pada isi materi dengan kategori penilaian yaitu kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.
Kata Kunci: Media, Rolling box, Zat adiktif

Published
2022-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 101