EFEKTIVITAS TEKNIK DISPUTE IRRATIONAL BELIEF UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DALAM PEMILIHAN KARIER SISWA SMA

  • Zara Diva Paramatatwa Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik dispute irrational beliefs untuk meningkatkan self efficacy dalam pemilihan karier siswa SMA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian pre-eksperimental design dan rancangan penelitian one group pretest posttest. Sampel yang digunakan adalah 6 siswa dengan skor Self Efficacy terendah, diambil dari populasi seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sambit. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan melalui Google Form. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon, yang setelah dianalisis didapatkan data terjadi peningkatan yang signifikan pada skor pretest terhadap posttest setelah mendapatkan perlakuan berupa konseling kelompok teknik dispute irrational beliefs. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik dispute irrational beliefs efektif digunakan untuk meningkatkan self efficacy pada siswa dengan cara mematahkan irrational belief yang ada. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam mengatasi masalah terkait.
Kata Kunci: Self Efficacy, Irrational Beliefs, Dispute, Pemilihan Karier.

Published
2022-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 211
PDF Downloads: 693