EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PESERTA DIDIK SMA

  • Amelia Astian Ningtyas Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Dibyo Wiyono

Abstract

Kurangnya kemampuan regulasi emosi menjadikan peserta didik tidak dapat mengendalikan emosi yang dirasakan dan mengontrol emosi yang akan ditampilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam meningkatkan kemampuan regulasi emosi peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Experimental dengan desain One Group Pre-test Post-test. Subjek
penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPA 2 SMAN 1 Waru yang memiliki kemampuan regulasi emosi rendah. Instrumen penelitian dikembangkan berdasarkan teori regulasi emosi Goleman yang berupa skala Likert. Analisis data menggunakan uji statistik nonparametrik uji Wilcoxon. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,012 dengan taraf kesalahan 5% (0,05). Dimana nilai Asymp. Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis awal diterima dan dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan regulasi emosi sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan regulasi emosi peserta didik dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok REBT.
Kata Kunci: Regulasi Emosi, Konseling Kelompok, REBT

Published
2022-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 284
PDF Downloads: 466