EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL TEKNIK SELFMANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN WAKTU SISWA SMP

  • Erytrina Yuliastanti Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Dibyo Wiyono

Abstract

Manajemen waktu penting dimiliki oleh peserta didik agar dapat menumbuhkan sikap yang positif baik di lingkungan rumah maupun sekolah sehingga dapat mencapai perkembangan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok menggunakan teknik self-management untuk meningkatkan manajemen waktu peserta didik kelas VII SMPN 17 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test dan post-test design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 17 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan angket manajemen waktu. Teknik pengambilan subjek adalah purposive sampling dimana peserta didik yang dipilih untuk melakukan konseling kelompok berjumlah 6 peserta didik yang memiliki skor rendah. Instrumen penelitian ini menggunakan skala manajemen waktu. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah One Sample T-Test. Hasil dari penerapan konseling kelompok teknik self-management ini adalah terdapat perbedaan atau peningkatan perilaku manajemen waktu setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik self-management pada peserta didik kelas VII SMPN 17 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,038 kurang dari 0,05. Sehingga didapatkan hasil Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan teknik self-management efektif untuk meningkatkan manajemen waktu peserta didik.
Kata kunci : konseling kelompok, manajemen waktu, self-management

Published
2022-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 381
PDF Downloads: 877