PENGARUH STRES AKADEMIK DAN BURNOUT TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MASA PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 1 GALIS PAMEKASAN

  • Haidar Gibran Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Dibyo Wiyono

Abstract

Saat pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, banyak perubahan yang terjadi diantaranya pada sektor pendidikan yang awalnya dilakukan secara tatap muka berubah menjadi dilakukan secara daring. Dengan adanya perubahan yang awalnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka ke sistem pembelajaran daring menyebabkan siswa mengalami berbagai persoalan salah satunya stres akademik dan burnout yang menyebabkan adanya penurunan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara stres akademik dan burnout terhadap prestasi belajar saat pembelajaran daring siswa di SMP Negeri Galis 1 Pamekasan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu metode angket (kuesioner) dengan jenis instrumen berupa skala Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA), Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS), dan skala prestasi belajar. Populasinya yaitu seluruh siswa SMPN 1 Galis Pamekasan, sedangkan sampel penelitian berjumlah 106 siswa yang didapat melalui teknik random sampling. Teknik analisis yang digunakan antara lain uji asumsi dan uji korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel stress akademik memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan variabel burnout terhadap terhadap prestasi belajar siswa diketahui tidak terdapat pengaruh. Dan stress akademik dan burnout tidak berpengaruh terhadap terhadap prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Stres akademik, Burnout, Prestasi belajar.

Published
2022-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 363
PDF Downloads: 721