PENERAPAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK

  • Ismatul Latifah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Elisabeth Christiana

Abstract

Perilaku prokrastinasi berkaitan erat terhadap menurunnya prestasi akademik peserta didik. Peserta didik yang memilki kebiasaan untuk menunda tugas akademik akan memiliki nilai yang kurang dalam mata pelajaran ataupun ujiannya. Permasalahan prokrastinasi ini juga ditemui oleh penulis ketika sedang melakukan observasi di salah satu sekolah di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari teknik self-management melalui konseling individu untuk menurunkan tingkat prokastinasi yang dimiliki oleh peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data awal ialah dengan observasi, wawancara dengan guru BK dan wali kelas, wawancara dengan peserta didik, dan juga menyebar angket pre-test kepada peserta didik kelas VII. Penelitian ini
merupakan penelitian jenis pre-eksperimen dengan Pretest Posttest One-Group Design. Teknik untuk analisis dan pengolahan data menggunakan uji Paired Two Sample for Means dengan menggunakan excel. Hasil dari penelitian ini terbukti dapat menurunkan tingkat prokrastinasi akademik yang ditunjukkan melalui nilai two-tail yang diperoleh adalah 0.001 yaitu lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat penurunan tingkat prokrastinasiakademik peserta didik setelah diberikan layanan konseling individu teknik Self-Management. Melalui penelitian ini penulis berharap agar guru BK dapat menjadikan penelitian ini sebagai salah satu referensi untuk memberikan layanan di sekolah secara maksimal dan bagi peneliti lain penulis berharap agar penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi untuk dalam meneliti hal yang serupa dengan penelitian ini.
Kata Kunci : Konseling Individu, Prokrastinasi, Self-Management

Published
2022-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 165
PDF Downloads: 503