HUBUNGAN RESILIENSI DAN DISTRES PSIKOLOGIS DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara minat belajar dengan resiliensi dan distres psikologis di masa pandemi COVID-19. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik SMAN di kota Surabaya. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI di SMAN 3, 4, dan 7. Sampel sekolah dan sampel peserta didik diambil secara acak. Jumlah sampel peserta didik seluruhnya adalah 230 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik laporan diri (self-report) dengan instrumen. Instrumen ini telah diuji coba dan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,361.
Analisis data dilalukan melalui metode statistik dengan rumus korelasi ganda.
Kata Kunci: Resiliensi, Distres Psikologis, Minat Belajar
PDF Downloads: 156