PENINGKATAN SELF-EFFICACY AKADEMIK SISWA SMP MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN CINEMA THERAPY

  • Linda Prasetiyowati Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan skor tingkat self efficacy akademik siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan bimbingan kelompok dengan cinema therapy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest - posttest design.
Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas IX di SMPN 4 Sidoarjo, dari populasi tersebut diambil sample sebanyak 8 siswa dengan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik Analisis data yang digunakan adalah statistic non parametric analisis Uji Wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Analisis penelitian menunjukkan nilai Asymp.Signifikansi (2-tailed) = 0,012 jika disesuaikan dengan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% yaitu 0,05 maka 0,012 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, serta dari hasil perhitungan rata rata pre-test dan post test diperoleh hasil 97,874 dan 101,75 adanya peningkatan skor post-test, dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik cinema therapy dapat meningkatkan self efficacy akademik siswa kelas IX di SMPN 1 Sidoarjo. Berdasarkan hasil kesimpulan diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru BK untuk mengatasi permasalahan terkait self efficacy akademik, yakni melalui bimbingan kelompok dengan cinema therapy.
Kata Kunci: Self-efficacy akademik, cinema therapy

Published
2022-07-11
Section
Articles
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 133