BULLYING RELASIONAL PADA SISWA DI SEKOLAH

  • Ana Tasrijah Jannah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiawati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi mengenai Bullying Relasional yang dialami siswa di sekolah baik siswa SD, SMP maupun SMA. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan mengkaji 16 sumber data berupa jurnal dan artikel nasional maupun internasional yang dihimpun dan dibatasi dari rentang tahun 2016-2021. Analis data menggunakan teknik analisis isi. Fokus penelitian antara lain. 1. Bentuk. 2. Faktor yang memengaruhi. 3. Dampak 4. Penanganan Bullying Relasional oleh guru BK. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Bullying Relasional memiliki bentuk beragam yang sama sama bertujuan merusak hubungan seseorang dengan melakukan pengasingan dan pengabaian. Faktor yang memengaruhi dibagi dalam 3 hal yakni faktor individu, Keluarga, Lingkungan Sekolah. Dampak Bullying Relasional yang paling sering ditemui adalah menurunnya self efficacy, kesehatan mental dan psikologis terganggu dan yang paling parah adalah percobaan bunuh diri. Penanganan Bullying Relasional dengan menggunakan bimbingan klasikal dan konseling individu maupun kelompok Peneliti menyadari keterbatasan sumber kajian yang membahas Bullying Relasional di sekolahselanjutnya bisa diteliti penelitian dengan sumber data yang lebih banyak terutama yang fokus pada penanganan Bullying Relasional.
Kata kunci : Bullying Relasional, Siswa, Konselor.

Published
2022-07-12
Section
Articles
Abstract Views: 600
PDF Downloads: 786