PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DI KECAMATAN PAMEKASAN

  • Junaidi Romadhon Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat gambaran nyata dari upaya guru BK dalam meningkatkan berpikir kritis siswa SMA Negeri di Kecamatan Pamekasan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kewajiban siswa untuk memiliki keterampilan berpikir kritis pada abad-21 sebagaimana yang terdapat dikompetensi kurikulum saat ini.oleh karena itu peneliti dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan mengenai peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan berpikir kritis siswa di SMA Negeri di Kecamatan Pamekasan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada objek penelitian yaitu koordinator guru BK di setiap sekolah dan melakukan metode analisis deskriptif, yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi (Sugiyono, 2014: 21). Dari penelitian ini didapatkan bahwasannya penggambaran upaya peran guru BK dalam meningkatkan berpikir kritis siswa terdapat di layanan perencanaan individual.

Kata kunci: Bimbingan dan Konseling, Peran guru BK, Berpikir Kritis

Published
2022-07-14
Section
Articles
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 665