PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA SMP MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MIND MAPPING
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan di SMP Negeri 4 Sidoarjo, terdapat beberapa siwa yang memiliki masalah dalam kemampuan perencanaan karir. Perencanaan karir penting dimiliki oleh siswa supaya siswa dapat mempersiapkan karirnya sesuai dengan keinginannya karena tanpa adanya perencanaan karir maka akan menimbulkan permasalahan pada individu di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sidoarjo dengan pemberian perlakuan bimbingan kelompok teknik mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre experimental design yakni one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan siswa yang diambil dengan cara purposive sampling. Peningkatan perencanaan karir diukur dengan menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang diguakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon signed rank tes yang di olah menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penerapan layanan bimbingan kelompok teknik mind mapping pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sidoarjo adalah terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan perencanaan karir siswa, hal ini di buktikan dengan diperolehnya hasil signifikan (2-tailed) bernilai ρ = 0,012. Maka nilai 0,012 lebih kecil dari nilai taraf kesalahan 0,05. Berdasarkan hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir pada siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam mengatasi masalah perencanaan karir.
Kata Kunci : Perencanaan karir, mind mapping, bimbingan kelompok.
PDF Downloads: 1804