STUDI KEPUSTAKAAN TENTANG PROKRASTINASI AKADEMIK DAN KONTROL DIRI SISWA SMA

  • Annissa Andamari Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Tri Hariastuti

Abstract

Siswa SMA sebagai makhluk yang berada pada fase peralihan antara fase anak-anak menuju fase kedewasaan tentu memerlukan perhatian khusus dalam proses mengenali dirinya dan lingkungan sekitarnya. Adapun kewajiban-kewajibannya dalam memaknai proses belajar mengajar di sekolah. Sebagai seorang siswa pasti akan dituntut untuk secara umum memahami tugas-tugasnya sebagai seorang remaja dan sebagai seorang siswa. Disekolah sangat penting bagi siswa untuk mentaati peraturan yang ada, seperti mengerjakan tugas tepat waktu, mengolah dan belajar mengendalikan kontrol diri sendiri. Siswa memiliki peran penting dalam memajukan kehidupan bangsa dan negara, oleh sebab itu yang menjadi fokus utama seorang siswa adalah belajar mengemban ilmu pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif penelitian ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan berdasarkan 10 sumber jurnal sebagai fokus penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai jurnal dan artikel yang terpercaya dengan menggunakan teknik Content Analysis dengan menganalisis bagian dari isi sebagai bahan  referensi yang valid dan berdasar pada konteks selaras (Kripendoff, 1993) dalam (Mirzaqon T. Abdi & Purwoko, 2018). Hasil dari pembahasan yakni terdapat berbagai faktor yang menimbulkan siswa melakukan perilaku prokrastinasi akademik salah satunya yakni rendahnya kontrol diri yang dimiliki siswa. prokrastinasi dan kontrol diri siswa dapat di perbaiki dengan adanya bimbingan dan konseling oleh konselor di sekolah. Dengan danya bimbingan maka dapat meminimalisir perilaku irrasional.

Kata Kunci: studi kepustakaan, prokrastinasi akademik, kontrol diri     

Published
2022-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 240
PDF Downloads: 340