HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN ORANG TUA PADA PESERTA DIDIK SMP

  • Nur Afni Safarina Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Darminto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan utama penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan efikasi diri dan dukungan orang tua pada peserta didik sekolah menengah pertama. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif rancangan korelasional. Terdapat tiga permasalahan yang akan dipecahkan, yakni (1) ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan efikasi diri, (2) ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan efikasi diri, dan (3) ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan efikasi diri dan dukungan orang tua. Populasi penelitian meliputi peserta didik kelas delapan sekolah menengah pertama. Sampel penelitiannya adalah 282 peserta didik kelas delapan yang dipilih dengan teknik random dari SMP Negeri 1 Pamekasan, SMP Negeri 5 Pamekasan, dan SMP Negeri 6 Pamekasan. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik self-report dengan instrumen skala. Terdapat tiga skala yang digunakan,yaitu skala motivasi belajar, skala efikasi diri, dan skala dukungan orang tua. Ketiganya telah teruji validitasnya dan memiliki nilai koefisien reabilitas 0,789 pada skala motivasi belajar, 0,871 pada skala efikasi diri, dan 0,893 pada skala dukungan orang tua. Analisis data dilakukan secara statistik menggunakan rumus korelasi ganda yang didahului dengan pengujian asumsi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan efikasi diri dengan nilai koefisien korelasi 0,632 dan nilai signifikansi 0,000, (2) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan efikasi diri dengan nilai koefisien korelasi 0,676 dan nilai signifikansi 0,000, dan (3) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan efikasi diri dan dukungan orang tua dengan nilai koefisien korelasi 0,736 dan nilai signifikansi 0,000. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dapat dilakukan dengan cara meningkatkan efikasi diri dan dukungan belajar dari orang tua.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Dukungan Orang Tua

                                                                                                                                            

Abstract

 

 

The main purpose of this study is to determine the relationship between learning motivation, self-efficacy, and parental support for junior high school students. The study used a quantitative approach with a correlational design. Three problems will be solved, (1) whether there is a relationship between learning motivation and self-efficacy, (2) whether there is a relationship between learning motivation and self-efficacy, and (3) whether there is a relationship between learning motivation and self-efficacy and parental support. The study population was eighth-grade junior high school students. The research sample was 282 randomly selected students of eighth-grade students from Junior High School 1 Pamekasan, Junior High School 5 Pamekasan, and Junior High School 6 Pamekasan. The data were collected through the self-report technique by scale instrument. There are three scales used, namely the learning motivation scale, self-efficacy scale, and parental support scale. Three of them have been tested for validity and have a reliability coefficient value of 0.789 on the learning motivation scale, 0.871 on the self-efficacy scale, and 0.893 on the parental support scale. Data analysis was carried out statistically using the multiple correlation formula which was preceded by testing assumptions. Based on the results of data analysis, it can be concluded that (1) there is a significant relationship between learning motivation and self-efficacy with a correlation coefficient value of 0.632 and a significance value of 0.000, (2) there is a significant relationship between learning motivation and self-efficacy with a correlation coefficient value of 0.676 and a significance value of 0.000, and (3) there is a significant relationship between learning motivation with self-efficacy and parental support with a correlation coefficient value of 0.736 and a significance value of 0.000. This finding implies that increasing students' learning motivation can be done by increasing self-efficacy and learning support from parents.

 

Keywords: Learning Motivation, Self-Efficacy, Parental Support

Published
2022-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 228