PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena pada siswa kelas XI Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi (TEDK) di SMK Negeri 5 Surabaya, bahwa terdapat peserta didik yang memiliki masalah takut tidak mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI TEDK di SMK Negeri 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Pre-Experimental design dengan jenis one group Pretest – Postest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang telah divalidasi. Subjek dalam peneliitian ini adalah 6 siswa kelas XI TEDK 1 di SMK Negeri 5 Surabaya yang memiliki skor perencanaan karir rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TEDK SMK Negeri Surabaya. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik non parametik dengan uji Wilcoxon. Dari hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai Asymp Sig. (2tailed) sebesar 0.028. dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% maka 0,028 < 0,05. Bedasarkan hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima artinya ada perbedaan nilai antara pre-test dan post-test. Sehingga disimpulkan ada peningkatan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan perencanaan karir siswa.
PDF Downloads: 414