MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK REFRAMING

  • Teddy Prananda Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Elisabeth Christiana

Abstract

Peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah memberikan dampak negatif bagi peserta didik sebab akan menghambat peserta didik untuk meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik berasal dari kelas VII yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah. Penentuan subjek pada penelitian ini berdasarkan hasil dari wawancara dengan guru BK dan peserta didik serta didukung dengan hasil observasi. Hasil dari wawancara dan observasi langsung pada peserta didik menunjukkan beberapa perilaku seperti peserta didik tidak dapat menyampaikan pendapatnya yang disebabkan karena adanya pemikiran negatif pada peserta didik seperti saat mereka menyampaikan pendapat pasti salah. Peserta didik tidak berani untuk tampil didepan umum karena adanya pemikiran negatif seperti teman sekelasnya akan mencemooh. Perilaku yang ditunjukkan disebabkan oleh adanya pikiran negatif yang timbul pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling individu teknik reframing untuk meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik SMPN 1 Trowulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-postest dan menggunakan analisis data uji t paired two sample colerations dengan two tail atau pengujian dua arah dengan Statistical Package of the Social Sciences (SPSS). Hasil dari penelitian terbukti dapat meningkatkan kepercayaan diri, pada awalnya konseli memiliki skor pre-test 42,39,40 kemudian pada saat post-test didapatkan skor 71,69,68, rata – rata peningkatan skor 29.  Didukung dengan hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan angka 0,000 yang tentunya lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat peningkatan saat sebelum dan sesudah diberikan konseling individu teknik reframing. Hasil dari peningkatan kepercayaan diri juga dapat dilihat dari perilaku peserta didik yang lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan bersosialiasi. Dengan diberikannya penelitian ini diharapkan peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah, dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

 

Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Konseling Individu, Reframing

Published
2023-01-13
Section
Articles
Abstract Views: 187
PDF Downloads: 1664