HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN KONTROL DIRI DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH
Abstract
Setiap siswa yang disiplin mampu mengendalikan diri dan perilakunya. Disiplin adalah suatu keadaan yang dihasilkan dari suatu proses tingkah laku yang menunjukkan nilai-nilai keteraturan. Banyak sekali faktor yang berpengaruh terhadap kedisiplinan anak salah satunya adalah didikan orang tua. Perhatian orang tua tidak hanya terbatas pada uang atau materi, tetapi juga dalam bentuk perhatian, kepekaan dan pengakuan terhadap keberadaan orang-orang di sekitarnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mencari dan mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua (X1) dan kontrol diri (X2) dengan kedisiplinan (Y). Teknik dalam penentuan sampel menggunakan cluster random sampling dan teknik analisis data yakni melakukan uji normalitas dan uji linearitas serta dalam menguji korelasi menggunakan analisis regresi multiples (berganda). Hasil analisis data menunjukkan tidak ada hubungan antara dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan, signifikansi sebesar 0,057. Selanjutnya ada hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan kedisiplinan siswa, dengan signifikasi 0,000 dan koefisien korelasi 0,533. Dan terakhir ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dan kontrol diri dengan kedisiplinan siswa dengan nilai f sebesar 13,689 > 3,128 (f-tabel). Diketahui pula hasil R-squared sebesar 0,284, Jadi peran dukungan sosial orang tua dan kontrol diri berpengaruh sebesar sebesar 28,4% terhadap kedisiplinan siswa. Meskipun 71,6% kedisiplinan siswa bisa disebabkan oleh faktor lain.
Kata Kunci: Kedisiplinan Siswa, Kontrol Diri, Dukungan Sosial Orang Tua
PDF Downloads: 265