PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 TRAWAS MOJOKERTO
Abstract
Abstrak
Disiplin belajar merupakan usaha untuk menanamkan kesadaran pada setiap individu tentang tugas dan tanggung jawabnya agar menjadi orang yang bersedia dan mampu menanggung setiap tanggung jawab yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan peserta didik di SMPN 2 Trawas Mojokerto dan perbedaan hasil belajar pada peserta didik perempuan dan laki-laki. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A, VII B, VIII A, VIII B, IX A, dan IX B sejumlah 12 peserta didik. Instrumen penelitian ini dikembangkan berdasarkan teori disiplin belajar yang disusun dalam skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistik Independent Sample Test dan uji regresi Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan tingkat disiplin belajar antara peserta didik laki- laki dengan perempuan ditunjukkan dari hasil uji SPSS yaitu nilai signifikansi kurang dari 0,05.
Kata Kunci: Disiplin belajar, Hasil Belajar, siswa SMP
PDF Downloads: 155