LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 2 TRENGGALEK

  • Hudan Nura Ahmada Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Indah Pratiwi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Proses pemberian dukungan secara terus menerus kepada siswa dalam mengatasi dirinya sendiri, mengatasi hambatan dalam kehidupan, mencapai kemandirian dalam pemahaman diri, dan mampu mengarahkan diri sesuai dengan tuntutan dan kondisi lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat dikenal dengan istilah bimbingan dan konseling. Pada observasi awal diketahui bahwa sejumlah siswa di SMA Negeri 2 Trenggalek menganggap program bimbingan dan konseling sekolah belum berjalan sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tentang layanan bimbingan dan konseling yang telah dikembangkan atau disusun oleh guru di SMA Negeri 2 Trenggalek. BK di dalam kelas. Makalah ini menggunakan metode deskriptif sebagai metodologinya. SMA Negeri 2 Trenggalek merupakan sampel penelitian yaitu 378/10% = 37,8. Hingga 38 siswa dibulatkan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi untuk penelitian ini adalah sebagai berikut: Teknik Komunikasi (wawancara), Setelah penyebaran kuesioner tentang layanan bimbingan dan konseling, dilanjutkan dengan analisis deskriptif terhadap data penelitian. Berdasarkan interpretasi data yang memberikan hasil hingga 60,79 persen, penelitian ini menyimpulkan bahwa SMA Negeri 2 Trenggalek memberikan layanan bimbingan dan konseling yang sangat baik.

Kata Kunci : Layanan Bimbingan dan Konseling

  

Published
2023-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 110