KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA PENGURUS OSIS SMK SUNAN GIRI MENGANTI

  • Moch. Farkhan Syihabuddin Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Indah Pratiwi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas  penerapan konseling kelompok dengan menggunakan teknik role playing untuk meningkatkan rasa percaya diri pada pengurus OSIS SMK Sunan Giri Menganti. Hasil pre test menunjukkan bahwa terdapat 6 pengurus OSIS  dengan nilai terendah dan masuk dalam kategori rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, yaitu pendekatan yang dirancang untuk penelitian yang menggunakan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus OSIS 2022-2023, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah enam pengurus OSIS yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah berdasarkan pretest angket percaya diri. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre-test post-test design. Tingkat kepercayaan diri yang dimiliki oleh pengurus OSIS setelah penerapan layanan konseling individu mengalami peningkatan dan berada pada kategori Tinggi. Hal ini diperkuat dengan adanya hasil analisis data menggunakan uji non-parametrik Uji Wilcoxon  yang menunjukkan angka 0, 028 yaitu lebih kecil dari 0,05 yang membuktikan bahwa terjadi perbedaan atau perubahaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling individu. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Teknik role playing mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa, diharapkan penelitian ini dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut.

Kata Kunci: Konseling Kelompok; Kepercayaan Diri; Role Playing

Published
2023-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 66