SELF ESTEEM PADA SISWA KORBAN BULLYING, PELAKU BULLYING

  • Alfian Shahril Aziz Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Elisabeth Christiana Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Setiap individu pasti memiliki self esteem pada dirinya karena hal ini berkaitan dengan membentuk identitas diri dan memiliki kaitan erat dengan dunia remaja dalam menilai atau mengevaluasi diri. Korban maupun pelaku bullying akan memiliki tingkat self esteem yang berbeda-beda, karena setiap individu memiliki penilaian diri yang berbeda. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan tingkat self esteem siswa korban bullying dan pelaku bullying kelas XI MA Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa  kelas XI MA Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan kuisioner psikologis self esteem yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Dalam uji validitas didapatkan hasil 40 item dinyatakan valid dan terdapat 8 item dinyatakan tidak valid.Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, sehingga siswa yang dipilih sesuai kriteria dalam penelitian ini adalah 6 siswa korban bullying dan 4 siswa pelaku bullying. Teknik analsis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan tingkat self esteem siswa korban bullying dengan pelaku bullying.

Kata kunci : Korban Bullying, Pelaku Bullying, Self-Esteem

Published
2023-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 224
PDF Downloads: 589