STUDI TENTANG MINAT SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI RAUDLATUL MUBTADIIN UNTUK MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

  • Ibra Rosidi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin. Wawancara adalah percakapan dengan maksud tertentu yang dilakukan oleh dua pihak yaitu pewawancara yang mengajukan pertanyaan kepada yang diwawancarai yang memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Wawancara dibedakan menjadi dari percakapan biasa meskipun keduanya berupa interaksi verbal. Dalam wawancara diperlukan kemampuan dalam memajukan pertanyaan yang merumuskan secara tajam, halus, tepat serta kemampuan menangkap buah pikiran orang lain secara cepat dan tepat. Apabila pertanyaan disalahtafsirkan pewawancara harus mampu menafsirkan dan merumuskan dengan segera melalui kata-kata lain atau memperoleh keterangan lain yang diperlukan. Untuk menguji hasil keabsahan penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara yang langsung dilakukan antara peneliti dengan siswa. Penelitian kualitatif dan dilakukan langsung dilapangan dengan menggunakan sampel, yaitu siswa Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin dengan jumlah murid 33 siswa. Dari hasil wawancara bahwa minat siswa Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin tergolong  kategori “baik”. Adapun layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin tergolong kategori “baik”. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara disekolah tersebut. Sedangkan hasil akhir dari wawancara menyatakan bahwa layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin tergolong kategori “baik”. Studi tentang minat siswa untuk memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin tergolong kategori “baik”, maka minat siswa perlu dipertahankan

Kata Kunci: minat siswa, layanan bimbingan dan konseling.

Abstract

This study aims to determine students' interest in utilizing guidance and counseling services at Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin. An interview is a conversation with a specific purpose carried out by two parties, namely the interviewer who asks questions to the interviewee who provides answers to these questions. Interviews are distinguished from ordinary conversations even though both are in the form of verbal interactions. In interviews, the ability to advance questions that formulate sharply, smoothly, precisely and the ability to catch other people's thoughts quickly and precisely is needed. If the question is misinterpreted, the interviewer must be able to interpret and formulate it immediately through other words or obtain other necessary information. To test the results of the validity of this study, the interview method was carried out directly between the researcher and the students. Qualitative research and carried out directly in the field using samples, namely students of Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin with a total of 33 students. From the results of interviews that the interest of Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin students is in the "good" category. The guidance and counseling services at Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin are classified as "good". This is in accordance with the results of interviews at the school. While the final results of the interview stated that guidance and counseling services at Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin were classified as "good". The study of students' interest in utilizing guidance and counseling services at Madrasah Tsnawiyah (MTs) Raudlatul Mubtadiin is classified as "good", so student interest needs to be maintained

Keywords: student interest, guidance and counseling services..  

Published
2023-05-03
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 22