PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN NARRATIVE THERAPY UNTUK MENANGANI ADIKSI GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • Rosyida Rizki Danniar Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Adiksi game online merupakan permasalahan penting yang perlu diberikan perhatian khusus di era berkembangnya teknologi sekarang ini. Perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan game online semakin meluas dan menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Banyak perubahan yang signifikan pada kehidupan sehari-hari seseorang saat game online ini dimainkan secara berlebihan. Dengan adanya berbagai fitur pada game online yang sangat menarik maka pemain game online akan semakin tertantang untuk memperoleh skor terbaik. Fenomena yang terjadi akhir-akhir ini banyak ditemui kompetisi yang menjadikan game online sebagai salah satu cabang perlombaan yang dapat memicu seseorang memainkan game online secara intens. Penggunaan game online dengan batas tak wajar dapat menimbulkan suatu keadaan adiksi atau kecanduan. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui keefektifan penerapan Narrative Therapy untuk mengurangi durasi bermain Game Online peserta didik di salah satu sekolah menengah atas. Narrative Therapy merupakan sebuah teknik dengan berfokus pada penerimaan diri. Pandangan dalam Narrative Therapy adalah pengalaman kehidupan seseorang dapat diorganisasikan dalam sebuah cerita yang dapat dikembangkan, diadaptasi dan dirubah sehingga dalam penelitian ini akan diaplikasikan untuk mengurangi adiksi game online. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain single subject yang memberikan ruang kepada peneliti untuk menentukan sampel penelitian sesuai dengan suatu kriteria yang ditetapkan sesuai. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yakni Narrative Therapy efektif untuk penanganan Adiksi Game Online pada peserta didik yang ditunjukkan dengan adanya penurunan durasi bermain game online.

Kata Kunci: Narrative Therapy, Adiksi, Game Online.

Published
2023-05-22
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 34