PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK MINDFULNESS BASED COGNITIVE THERAPY UNTUK MENURUNKAN ADIKSI GAME ONLINE DI SMP NEGERI 42 SURABAYA

  • Dewi Anastasya Fatima Gandi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari penerapan teknik Mindfulness Based Cognitive Therapy dalam menurunkan kecanduan game online pada peserta didik di SMP Negeri 42 Surabaya melalui layanan konseling individu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen A-B, serta analisis data visual. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi dan skala psikologis. Skala psikologis digunakan untuk mengukur adiksi game online dengan indikator pengukur yaitu, salience, tolerance, mood modification, withdrawal, relapse, conflict, dan problem. Sedangkan, instrument observasi digunakan untuk mengukur durasi bermain subjek pada saat fase baseline dan intervensi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2, yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 42 Surabaya dengan kriteria yang telah ditentukan. Pada penelitian ini telihat perubahan dari fase baseline dan fase intervensi. Perubahan arah garis trend pada kedua subjek menunjukkan perubahan yang positif. Presentase overlap adiksi game online subjek RA sebesar 0%, serta subjek DA sebesar 11,2%. Maka, hipotesis pada penelitian ini yaitu, “Penerapan teknik mindfulness based cognitive therapy dapat menurunkan adiksi game online pada peserta didik”, dapat diterima. Serta terjadi perubahan dalam durasi bermain game pada kedua subjek. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Mindfulness Based Cognitive Therapy memiliki pengaruh dalam menurunkan adiksi game online peserta didik.

Kata Kunci: adiksi game online, MBCT, konseling individu

Published
2023-05-22
Section
Articles
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 146