KONSELING INDIVIDU TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri peserta didik kelas VII-F Sekolah Menengah Pertama setelah diberikan konseling individu teknik thought stopping. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis pre experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian berjumlah enam peserta didik kelas VII-F Sekolah Menengah Pertama yang memiliki skor kepercayaan diri rendah. Angket kepercayaan diri digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian menunjukkan jika terdapat perbedaan skor antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data statistik menyatakan jika hipotesis yang disusun oleh peneliti diterima. Sehingga dapat disimpulkan jika konseling individu dengan teknik thought stopping dapat meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama.
Kata kunci : Konseling Individu, Thought Stopping, Kepercayaan Diri.
Downloads

