KONSELING INDIVIDU TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Khairani Afdiyah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Elisabeth Christiana Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penerapan konseling individu teknik self management dalam meningkatkan perilaku disiplin belajar peserta didik sekolah menengah pertama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre test post test. Subjek pada penelitian ini berjumlah lima orang yang memilki skor pre test dalam kategori rendah. Pelaksanaan konseling dilakukan sesuai prosedur self management dari mulai tahap awal hingga akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor pada kelima subjek antara sebelum dan sesudah perlakuan yang dianalisis melalui uji wilcoxon dengan hasil Asymp. Sig sebesar 0,042. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan jika hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling individu teknik self management dapat meningkatkan perilaku disiplin belajar peserta didik sekolah menegah pertama.

Published
2023-06-16
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 88