Efektivitas Layanan Konseling Cognitive Defusion Untuk Meningkatkan Percaya Diri Korban Bullying Verbal Di SMP Negeri 39 Surabaya

  • Rianti Eka Wasari Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Evi Winingsih Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin menguji efektifitas layanan konseling menggunakan teknik cognitive defusion untuk meningkatkan kepercayaan diri korban bullying verbal di SMP Negeri 39 Surabaya. Dalam penelitian ini terdapat 2 subjek yang memiliki kepercayaan diri rendah dan pernah mengaami bullying verbal. Kedua subjek ini didapatkan dari hasil wawancara bersama guru BK dan wawancara bersama peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan SSD (single subject design) model A-B. Hasil penelitian menunjukkan subjek NP yang pada awal baseline memiliki presentase tingkat kepercayaan diri sekitar 45% meningkat pada pengumpulan data di tahap intervensi ke-5 menjadi 75%. Dan pada subjek AS awal baseline sekitar 50% meningkat pada pengumpulan data ditahap intervensi ke-5 menjadi 80%. Dapat dilihat kondisi tingkat kepercayaan diri ke dua subjek penelitian sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan konseling individu menggunakan teknik cognitive defusion menunjukan peningkatan yang signifikan. Didapati juga ke-2 subjek memiliki persentase overlap 0% dimana dapat disimpulkan teknik Cognitive Defusion berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri korban bullying verbal di SMP Negeri 39 Surabaya.

Published
2023-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 134