PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR PADA PESERTA DIDIK UPT SMP NEGERI 9 GRESIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIK

  • Ninna Nur Ardiasfika Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Evi Winingsih Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini guna melihat peningkatan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik guna menunjang peningkatan kemampuan siswa dalam merencanakan karir pada kelas VIII UPT SMP Negeri 9 Gresik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Rancangan awal dilakukannya observasi guna menetapkan permasalahan perencanaan karir, lalu akan dilakukannya Pre-test untuk pengambilan subjek 8 siswa dengan kategori rendah dalam perencanaan karir, lalu dilakukannya treatmen atau perlakuan selama 4 kali pertemuan, dan yang terakhir dilakukannya Post-test guna mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam merencanakan karirnya. Hasilnya terdapat peningkatan kemampuan perencanaan karir pada siswa yang berbeda-beda. Terlihat dari hasil Pre-test sampai dengan Post-test mengalami peningkatan. Berdasarkan perngkajian dan pembahasan, disesuaikan pula pada tujuan penelitian dinyatakan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik bisa membantu peningkatan kemampuan siswa dalam merencanakan karir pada kelas VIII F UPT SMP Negeri 9 Gresik.

Kata Kunci: Teknik Modeling Simbolik, Perencanaan Karir

Published
2023-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 90