PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY KARIER SISWA KELAS XI SMAN 1 MENGANTI

  • Masitha Prischa Rahmadani Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Evi Winingsih Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keyakinan diri (Self efficacy) yang gigih memotivasi individu agar konsisten berupaya hingga visinya terwujud. Namun, jika keyakinan diri (Self efficacy) tidak gigih, seseorang berpeluang besar akan meminimalisir upayanya ketika ada problema. Visi dari penelusuran ini demi memahami pentingnya Layanan konseling kelompok teknik modelling untuk memajukan self efficacy Siswa Kelas XI SMAN 1 Menganti tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian merupakan eksperimen semu melalui desain Pretest-Postest. Subjek penelitian melalui 30 peserta didik dengan tingkat self efficacy di bawah rata-rata dan sedang melalui teknik pengambilan subjek purposive random sampling dari 30 siswa, kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 8 siswa dan kelompok kontrol 22 siswa. Pada kajian penelusuran ini, kelompok eksperimen ditunjang layanan konsultasi dengan kelompok teknik modelling melalui 3 kali pertemuan. Teknik analisis yang digunakan oleh Mann Whitney dengan bantuan program SPSS for Windows Relase 20. Dari luaran uji hipotesis terlihat bahwa konseling kelompok teknik modelling secara signifikan dapat memajukan self efficacy siswa kelas XI SMAN 1 Menganti dengan signifikansi yang dari hasil uji Mann Whitney post test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh hasil Asymp. Sig (2- tailed) 0,001<0,050. dan selisih mean rank kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 15,00. Teori dasar yang menunjang dalam kajian yang dilakukan bahwa modelling mampu memajukan self efficacy seperti yang dikemukakan oleh Masraroh (2012), secara khusus menggunakan teori teori Bandura bahwa modelling dapat memajukan self efficacy siswa secara signifikan.

Kata Kunci: Keyakinan Diri, Teknik Modelling, Layanan Bimbingan Kelompok.

Published
2023-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 58