PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII DI SMP MEGERI 42 SURABAYA

  • Heny Icha Khamdiah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Tri Hariastuti Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas dari penerapan teknik sosiodrama sosiodrama dalam bimbingan kelompok dapat menaikkan kapasitas interaksi sosial kelas VII di SMP Negeri 42 Surabaya. Penelitian ini mempergunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest posttest, serta analisis data non-parametric dengan pengujian Wilcoxon. Instrumen penelitian ini mempergunakan instrumen angket yang dikembangkan oleh Rahmawati (2019) dikarenakan instrumen tersebut memiliki kesamaan aspek dengan penelitian yang dilaksanakan oleh penulis yakni:  keterbukaan individu kepada orang lain, kerjasama yang melibatkan individu didalam kegiatan serta mampu memberikan ide kepada kelompoknya, serta frekuensi interaksi individu dalam bertemu dengan orang lain dan saling berbicara. Pada penelitian ini yang menjadi sampel subjek penelitian adalah 8 siswa dari perwakilan 2 siswa di empat kelas VII di SMP Negeri 42 Surabaya yang disarankan oleh guru BK dengan pertimbangan siswa pada kelas tersebut terindikasi kemampuan berinteraksi sosial rendah dan ditambah dengan pengukuran melalui angket. Menurut output “test statistics” tersebut ditinjau Asymp.Sig.(-2tailed) = 0,012 kurang dari ≤ 0,05, sehingga kesimpulannya bahwa Ha diterima, maknanya ada perbedaan hasil keterampilan interaksi sosial siswa sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan (treatment) yakni bimbingan kelompok teknik sosiodrama, maka kesimpulannya bahwa “Bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat menaikkan kemampuan interaksi sosial siswa di kelas VII SMP Negeri 42 Surabaya”

Kata Kunci: sosiodrama, interaksi sosial, bimbingan kelompok

Published
2023-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 17