BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VIII DI SMPN 35 SURABAYA

  • Fitri Nur Aini Rizkiyah Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Tri Hariastuti Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini menguji teknik role playing dalam bimbingan kelompok guna meningkatkan perilaku asertif siswa kelas VIII di SMPN 35 Surabaya. Quasi Experiment Design merupakan pendekatan yang digunakan dan memanfaatkan nonequivalent control group design. Terdapat 20 siswa sebagai subjek dan dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Prosedur penyelenggaraan dilakukan dalam delapan sesi pada kelompok eksperimen. Hasil dari penelitian ini tampak perbedaan nilai sebelum dan sesudah mendapat perlakuan. Uji Mann-Whitney dilakukan guna menganalisis data dengan hasil asymp sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dapat diartikan penerapan bimbingan kelompok teknik role playing dapat meningkatkan perilaku asertif siswa kelas VIII  SMPN 35 Surabaya. Adapun kontribusi dari penelitian ini untuk membantu guru BK dalam menentukan alternatif teknik bimbingan yang sesuai dalam meningkatkan perilaku asertif siswa.

Kata Kunci: bimbingan kelompok,role playing,perilaku asertif,SMP Negeri 35 Surabaya.

Published
2023-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 33