Bentuk Dukungan Keluarga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Broken Home

  • Rizkia Mufidatul Hasanah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Najlatun Naqiyah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dilakukannya penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana bentuk dukungan keluarga pada peserta didik broken home, serta termasuk dalam pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data atau subjek penelitian dipilih secara purposive sampling dan ditemukan tiga orang siswa yaitu S1, S2 dan S3 dipilih sebagai informan utama dan seorang anggota keluarga dari ketiga siswa tersebut sebagai infroman pendukung. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik berupa wawancara dan studi dokumentasi. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga S1 masih memberikan dukungan kepadanya dan hal itu membuat S1 merasa nyaman dengan keluarganya meskipun tidak tinggal bersama ayahnya, dukungan keluarga yang diberikan juga membuat ia semangat dalam belajar. Sedangkan keluarga S2 kurang memperhatikannya dikarenakan adanya permasalahan dalam keluarga, sehingga perilaku motivasi belajar dari S2 juga dirasa kurang karena kurang dukungan juga dari keluarga. Sedangkan keluarga dari S3 juga memberikan dukungan padanya, namun motivasi dari dalam diri S3 sendiri lah yang membuatnya kurang memiliki motivasi belajar.

Published
2023-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 97