PENGEMBANGAN INSTRUMEN SKALA REGULASI EMOSI PADA PESERTA DIDIK SMK

  • Tria Yunita Sari Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Najlatun Naqiyah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengembangan instrumen skala regulasi emosi dapat digunakan untuk mendeteksi tingkat regulasi emosi peserta didik, serta menghasilkan instrumen yang standar dan dapat diandalkan dalam pengukuran regulasi emosi. Research and development (R&D) dengan desain 3D merupakan pendekatan dalam penelitian. Uji validitas product moment Pearson dan uji reliabilitas alpha Cronbach digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen skala regulasi emosi memiliki 38 pernyataan yang valid pernyataan berdasarkan perhitungan r hitung > r tabel (0,138) dan realibilitas alpha crobach sebesar 0,865 > 0,60. Maka dari itu, instrumen skala regulasi emosi ini dapat disimpulkan valid dan reliabel. Berlandaskan penelitian tersebut terdapat beberapa saran yaitu pengembangan instrumen skala regulasi emosi ini diharapkan dapat menjadi kontribusi dalam membantu guru BK untuk mengukur dan mengidentifikasi keadaan regulasi emosi siswa agar dapat diberikan layanan yang tepat dan siswa mencapai kematangan emosi.

Published
2023-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 217
PDF Downloads: 1041