PENGEMBANGAN BIMBINGAN KLASIKAL STRATEGI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN RESOLUSI KONFLIK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MOJOKERTO

  • Anisa Amelia Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pelaksanaan bimbingan klasikal dengan metode lisan atau ceramah mengakibatkan siswa merasa bosan sehingga siswa tidak memahami apa yang guru BK sampaikan. Strategi project based learning ialah strategi yang dapat diterapkan pada pelaksanaan bimbingan klasikal.  Pada penelitian ini dilakukan pengembangan bimbingan klasikal strategi project based learning untuk meningkatkan pemahaman resolusi konflik pada siswa. Menghasilkan produk yang memenuhi kriteria akseptabilitas merupakan tujuan dari penelitian yang kemudian diharapkan membantu guru BK dalam pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan strategi project based learning. Penelitian pengembangan atau dalam Bahasa Inggris yakni Research and development (R&D) diringkas oleh Tim Puslitjaknov (Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional) menjadi lima tahapan merupakan model yang digunakan pada penelitian ini. Peneltian ini menggunakan 3 dari 5 tahapan yakni: 1) Menganalisis produk yang akan dikembangkan, 2) Pengembangan produk awal, 3) Validasi ahli dan revisi. Mengacu dari hasil validasi uji ahli produk ditemukan presentase penilaian ahli materi 97,65%, penilaian ahli media 77,33%, serta hasil penilaian calon pengguna 94,27%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa perangkat bimbingan klasikal strategi project based learning untuk meningkatkan  pemahaman resolusi konflik dinyatakan memenuhi kriteria akseptabilitas.

Kata Kunci: bimbingan klasikal, pengembangan, project based learning.

Published
2023-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 127