Pengembangan Perangkat Pelatihan Mediasi Sebaya untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Konflik pada Siswa di SMK Ngunut Tulungagung

  • Fajar Rezma Tribuana Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini adalah pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall yang disederhanakan hingga tahap kelima. Tahapan penelitian meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji validasi oleh ahli materi, ahli media, dan calon pengguna, serta revisi produk. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menyusun buku panduan pelatihan mediasi sebaya dengan tujuan meningkatkan keterampilan menyelesaikan konflik pada siswa. Buku panduan ini diharapkan memenuhi kriteria akseptabilitas yang memuat aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Analisis data dengan cara kuantitatif melalui validasi yang dilakukan oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 98%, dengan kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa buku panduan telah memperoleh penilaian yang tinggi dari ahli materi, dan tidak memerlukan revisi lebih lanjut. Selanjutnya, hasil penilaian oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian mencapai 91%, yang termasuk kategori sangat baik. Penilaian ini mengindikasikan bahwa buku panduan juga telah memperoleh penilaian yang positif dari ahli media, dan tidak memerlukan revisi. Selain itu, hasil validasi oleh calon pengguna juga memberikan penilaian yang baik, dengan rata-rata penilaian mencapai 91% dan termasuk kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan pelatihan mediasi sebaya telah mendapatkan respons positif dari calon pengguna, dan tidak memerlukan revisi lebih lanjut. Berdasarkan hasil penilaian secara kuantitatif, bisa diambil kesimpulan bahwa buku ini telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi aspek ketepatan, kegunaan, kepatutan, dan kelayakan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan buku panduan pelatihan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan konflik.

Published
2023-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 49